Hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim 9 Oktober 2010 di PP.Al Hikam Bangkalan


Hasil Bahtsul Masail PWNU Jatim 9 Oktober 2010 di PP.Al Hikam Bangkalan


Deskripsi :
Dengan menikah tentunya seseorang bertambah orang tuanya yaitu yang disebutnya dengan mertua, sehingga kesemuanya menjadi tiga yaitu orang tua, mertua dan guru yang terhadap keseluruhanya seseorang wajib berbakti.

Pertanyaan :
a. Bagaimana batasan berbakti kepada mertua ? Jika seorang menantu durhaka kepadanya apakah sebagaimana durhaka terhadap orang tuanya ?
b. Jika antara orang tua, mertua dan guru berselisih, haruskah memilih salah satunya ataukah malah tidak diikuti kesemuanya ? (LBM PWNU)

Jawaban
Berbakti pada mertua adalah sebagaimana bermuasyarah dengan mahram yang lain, sehingga durhaka kepadanya tidak sama dengan durhaka terhadap orang tua.

Dasar Pengambilan :
Ittihaf al Saadah al Muttaqien. 1 hal 335-336

الوظيفة الأولى الشفقة على المتعلمين وان يجريهم مجرى بنيه. قال صلى الله عليه وسلم إنما انا لكم مثل الوالد لولده بأن يقصد انقاذهم من نار الأخرة وهو أهم من انقاذ الوالدين ولدهما من نار الدنيا ولذلك صار حق المعلم اعظم من حق الوالدين – الى ان قال – واذا تأملت الأمر فى الشاهد وجدت نفع المصطفى صلى الله عليه وسلم أعظم من نفع الأباء والأمهات وجميع الخلق فانه انقذك وانقذ ابائك من النار وغاية أمر ابويك انهما اوجداك فى الحس فكانا سببا لإخراجك الى دار التكليف والبلاء والمحن ويلحق به صلى الله عليه وسلم كل معلم لطريقته على وجه الإرشاد والإصلاح والهداية.

Yas’alunaka juz 4 halaman 95

لاصحة لقول من يقول ان طاعة الانسان لأستاذه أهم من طاعة الانسان لأمه وابيه خصوصا اذا تساوى الوالدان مع الأستاذ فى معرفة الحق والتوجيه الى الخير والأمر بالطاعة والعمل الصالح وذلك لأن طاعة الأنسان لوالديه فيما أوجب الله او شرع واباح فرض واجب على الأنسان. ولا ينبغى للأنسان ان تكتفى فى هذا الجمال بمجرد الطاعة للوالدين بل يجب عليه الإحسان اليهما فى المعاملة لأن القرأن الكريمة جعل منزلة الوالدين بعد منزلة العبادة لله.

Yang diutamakan adalah orang tua kecuali dalam urusan ilmu akhirat, maka yang diutamakanadalah guru, lebih-lebih orang tua yang juga menjadi gurunya.

Dasar Pengambilan:

Ittihaf al Saadah al Muttaqien Juz 1 Halaman 336

قال رسول الله : «إِنَّمَا أَنَا لَكُمْ مِثْلُ الوَالِدِ لِوَلَدِهِ» إلي أن قال... (ولذلك صار حق المعلم ) لطريق الأخرة (أعظم من حق الوالدين) إذا تعارضا،

Abjad al Ulum Juz 1 halaman 88

ولذلك صار حق المعلم أعظم من حق الوالدين. ولولا المعلم لانساق ما حصل من جهة الأب إلى الهلاك الدائم، وإنما المعلم هو المفيد للحياة الأخروية الدائمة، كما أن الوالد سبب الوجود الحاضر الفاني

✿ Ghufron Bkl إذا مات المسلم وفي رواية ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح أى مسلم يدعو له
وفائدة التقييد به مع أن دعاء الغير ينفعه تحريض الولد على الدعاء لأصله. إعانة الطالبين ٣/١٥٧

Yg di maqsud Walad Shaleh dalam hadits di atas ada Muslim yg mendo'akan,
Faedahnya dalam hadits diatas menyebut Walad Shaleh adalah memberi motivasi pda anak unt mendo'akan pada org tuay

Wallaahu A'lam .

LINK ASAL 
https://www.facebook.com/groups/196355227053960?view=permalink&id=575420545814091&_rdr#576230929066386
SUMBER ASLI :

1 komentar:

“Saya sebagai pimpinan Dewan Syuro, punya hak untuk memutuskan. Ini menjadi keputusan untuk mendukung sistem AHWA. Dan, NU ini sistem komando, kalau ada yang melanggar ada sanksinya,” katanya lagi.

Tidak Sepakat Sistem Voting, 22 Ulama Gelar Pertemuan di PWNU Jatim

30 Juli 2015 pukul 11.49 comment-delete

Posting Komentar